Home News International 20 Sifat Mustahil bagi Allah SWT, Umat Muslim Wajib Tahu

20 Sifat Mustahil bagi Allah SWT, Umat Muslim Wajib Tahu

NEWTEROBOSAN.COM  : 09.41
EDITOR :Irawati Putri

“NEWTEROBOSAN  Allah SWT memiliki sifat-sifat wajib yang hendaknya diketahui oleh setiap Muslim. Di sisi lain, ada juga sifat mustahil Allah yang sebaiknya dimengerti dengan baik.

Sifat wajib Allah menurut ilmu tauhid adalah sifat-sifat yang dimiliki oleh-Nya dan bisa menjelaskan semua hal yang menjadi kemuliaan-Nya. Sebaliknya, sifat mustahil bagi Allah merupakan kebalikan dari setiap sifat-sifat wajib tersebut.

Sifat Mustahil Allah SWT

1. Adam (Tiada)

Adam adalah sifat mustahil Allah SWT yang pertama, artinya adalah tiada. Sifat ini kebalikan dari sifat Wujud Allah SWT. Hal ini sesuai dengan dalil berikut.

“Allah-lah yang meninggikan langit tanpa tiang yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas Arasy dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan, menjelaskan tanda-tanda, supaya kamu meyakini pertemuan dengan Tuhanmu.” (QS Ar-Ra’d : 2).

2. Huduts (Ada yang Mendahului)

Sifat mustahil Allah yang kedua ialah huduts atau ada yang mendahului. Sifat ini adalah kebalikan dari sifat Qidam, sesuai dengan dalil Al-Quran berikut.

“Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Zhahir dan Yang Bathin, dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.”

3. Fana (Musnah), Salah Satu Sifat Mustahil Allah

Fana artinya ialah musnah, menjadi salah satu sifat mustahil Allah SWT, karena Ia tidak akan mungkin musnah. Berikut dalil yang menjelaskan, terdapat dalam surat Ar-Rahman ayat 26-27.

“Semua yang ada di bumi itu akan binasa. Dan tetap kekal Wajah Rabbmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.”

4. Mumatsalatu Lil Hawaditsi (Ada yang Menyamai)

Allah SWT adalah Dzat yang Maha Kuasa, tak ada yang menyamai. Sehingga, sifat mustahil ini berlawanan dengan sifat-Nya. Hal ini diterangkan pada surat Asy-Syura ayat 11.

“Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat.”

5. Sifat Mustahil Allah: Ta’adud (Berbilang)

Allah SWT adalah Yang Maha Esa, sebagaimana diterangkan dalam surat Al-Baqarah ayat 163 yang berbunyi:

“Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

6. Ajzun (Lemah)

Allah SWT juga bukan Dzat yang bersifat lemah, karena Ia adalah Yang Maha Kuasa. Dalil naqli yang menjelaskannya antara lain:

“Hampir-hampir kilat itu menyambar penglihatan mereka. Setiap kali kilat itu menyinari mereka, mereka berjalan di bawah sinar itu, dan bila gelap menimpa mereka, mereka berhenti. Jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia melenyapkan pendengaran dan penglihatan mereka. Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu.” (QS Al Baqarah, ayat 20)

7. Ihtiyaju Lighairihi (Memerlukan yang Lain)

Sebagai Dzat Yang Maha Kaya, Allah SWT tidak membutuhkan bantuan untuk menciptakan segala sesuatunya. Sebagaimana keterangan dalam surat Al Ankabut ayat

8. Karahah (Terpaksa)

Sifat mustahil lainnya ialah karahah, sebab Allah SWT adalah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu dan tak ada yang menandinginya. Seperti penjelasan dalil Al-Quran berikut.

“Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah!” maka terjadilah ia.” (QS Yasiin: 82)

9. Jahlun (Bodoh), Termasuk Sifat Mustahil Allah

Allah SWT mustahil bersifat jahlun atau bodoh sebab ia adalah Dzat yang Maha Mengetahui dan Maha Kaya. Hal ini berkebalikan dengan sifat Allah yang cerdas.

10. Mautun (Mati)

Allah SWT memiliki sifat kekal, maka mustahil bagi Allah untuk bersifat mati. Hal ini dijelaskan pada surat Al-Baqarah ayat 255 yang berbunyi:

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi.

Tidak ada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Selain 10 sifat di atas, ada sifat-sifat mustahil lainnya, seperti:

Shamamun: tuli

Ama: buta

Bakamun: bisu

Kaunuhu ‘ajiyan: zat yang lemah

Kaunuhu karihan: zat yang terpaksa

Kaunuhu jahilan: zat yang bodoh

Mayyitan: zat mati

Kaunuhu ashamma: zat yang tidak bisa mendengar

Kaunuhu ‘ama: zat yang tidak bisa melihat

Kaunuhu abkama: zat yang tidak bisa berbicara

Itulah 20 sifat mustahil Allah SWT yang hendaknya diketahui setiap Muslim. Semoga bermanfaat.

NEWTEROBOSAN.COM
WARTAWAN :
Tim Newterobosan

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments