Home Bisnis Kroser Jatim Ananda Rigi Raih Emas PON XX

Kroser Jatim Ananda Rigi Raih Emas PON XX

  • Editor:Buulolo
  • Jakarta, Newterobosan.com – Kroser Jatim Ananda Rigi Aditya meraih medali emas pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua. Keberhasilan tim bermotor Jatim mengakhiri paceklik medali emas di PON Papua.

Sebelumnya Tim Jatim gagal di nomor road race, namun untunglah terobati dengan prestasi di motocross. Ananda menjadi yang tercepat di kelas 125 cc dalam perlombaan di Sirkuit Freegeeb Waninggap Sai Gau Tak, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Sabtu (9/10/2021) kemarin.

Upaya Rigi mempersembahkan medali emas untuk kontingen Jatim tidak mudah. Ia harus jatuh bangun sebelum akhirnya menyentuh garis finish. Bahkan saat memulai start, ia terjatuh di tikungan pertama. Sehingga tercecer di urutan 10.

Namun dengan semangat juang yang tinggi, Rigi terus bangkit dan memacu kuda besinya. Satu per satu lawan-lawannya dapat dikejar, hingga berhasil menyelesaikan 20 menit + 2 lap di posisi terdepan.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jatim Bambang “Kapten” Haribowo tak kuasa membendung kegembiraan begitu kroser Jatim Ananda Rigi menyentuh garis finish di posisi terdepan. “Alhamdulillah berkat Rahmat Allah melalui perjuangan yang berliku-liku, kami akhirnya dapat pecah telur mendapatkan medali emas melalui Ananda Rigi Aditya di kelas 125 CC motocross,” ucapnya usai Upacara Penghormatan Pemenang (UPP).

Saat perlombaan, menurut Bambang Kapten, paling sulit menghadapi tuan rumah. Sejak di road race, tim Jatim memang dibuat tidak nyaman. Terutama saat Robbi Sakera ditabrak pebalap DKI Jakarta di tikungan terakhir jelang garis finish. Hingga akhirnya Robbi gagal mendapatkan medali.

Kemudian saat mengawali balapan motocross di nomor beregu, M Kafa juga ditabrak pebalap tuan rumah sehingga gagal mempersembahkan medali. “Namun Alhamdulillah, Ananda di perorangan kelas 125 CC berhasil menyabet medali emas,” paparnya.

Sementara itu, Rigi juga tak mampu menyembunyikan kebahagiaannya. “Motivasi saya khususnya dalam tim road race Jatim dan rekan lain di motocross kan semuanya jatuh. Jadi saat terjatuh, motivasi saya bagaimana berjuang untuk mendapatkan medali emas,” ungkapnya.

Rigi mempersembahkan medali emas yang didapatnya untuk kedua orang tua, pelatih dan masyarakat Jatim. “Khususnya untuk Bapak Bupati Lamongan,” ucapnya.

Pada PON XIX 2016 Jawa Barat lalu, tim bermotor Jatim sama sekali tidak mendapatkan medali. Tetapi pada Pra-PON di Sentul dan Banten, mereka meraih 2 emas di kelas motocross, dan 1 emas di kelas road race. Hingga di PON kali ini mendapatkan medali emas dan Rigi berhak mendapatkan bonus Rp 30 juta, yang kemungkinan bertambah saat kepulangannya nanti di Jatim. (foto: PB PON XX Papua, Dinas Kominfo Jatim/Nita)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments